Rabu, 08 April 2015

BATU AKIK FIRE OPAL





BATU AKIK FIRE OPAL (BARJAD API) WONOGIrI


Batu akik Fire Opal atau yang juga disebut Batu Barjad Api asal Wonogiri, memang tengah populer dalam beberapa bulan belakangan ini, sehingga sering kali menjadi buruan banyak kolektor dan para pencinta batu cincin di tanah air. Keindahan batu ini konon mampu mengalahkan keindahan batu sejenis asal Meksiko dan Tanzania.Harganya pun kian melambung seiring dengan popularitasnya yang terus menanjak, mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Bahkan popularitas batu ini sudah setara dengan batu-batu terkenal lainnya seperti batu black opal kalimaya, batu bacan, giok dan lain-lain.
batu fire opal (barjad api)batu akik barjad api (fire opal)






Batu Fire Opal (Barjad Api)
Hanya saja mungkin tidak seterkenal batu bacan yang sudah dikenal lebih dulu oleh masyarakat sebagai batu berkualitas unggulan asli Indonesia. Namun demikian batu ini tetap masuk dalam jajaran batu berkualitas yang banyak diburu para kolektor.
Selama ini batu fire opal identik dengan batu asal Meksiko dan Tanzania bahkan negara tersebut pernah mengklaim sebagai satu-satunya negara yang menghasilkan batu fire opal di dunia. Meski belakangan diketahui bahwa batu fire opal ternyata juga ditemukan di Indonesia (Jawa tengah) bahkan kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan dengan fire opal asal meksiko.
Tempat Dan Asal Usul Batu Fire Opal
Sebagian penghobi mengetahui bahwa batu fire opal berasal dari pacitan Jawa Timur. Padahal sebenarnya batu itu merupakan batuan asli asal Wonogiri Jawa Tengah. Hanya saja kebetulan batu itu banyak digarap oleh olah pengrajin dari daerah pacitan sehingga batu itu dinilai sebagai batu pacitan.
Asal mula batu ini dikenal sebagai batu Pacitan karena masyarakat yang menemukan batu tersebut menjualnya ke pengrajin asal Pacitan. Maka saat para pengrajin akan menjualnya kembali pada pengguna baik dalam bentuk batu cincin atau perhiasan, mereka memperkenalkan sebagai batu Pacitan, sehingga banyak yang beranggapan bahwa batu tersebut berasal dari Pacitan.
Batu fire opal merupakan batu asli Wonogiri dan banyak ditemukan di wilayah kecamatan Tirtomoyo tepatnya di wilayah atau bukit manggal dan dan wilayah Kecamatan Kismantoro Jateng.
Pada umumnya batu itu banyak ditemukan di Daerah pegunungan seperti di Gunung Muser Kecamatan Kismantoro terutama pegunungan yang masih alami dengan struktur tanah yang masih dalam kondisi bagus, tidak mengalami kerusakan (erosi) atau masih dalam formasi utuh.
Adapun material penyusun pada batu fire opal itu terdiri dari silika dan H2O dengan tingkat kekerasan batu antara 5,2 s/d 5,7 skala Mohs atau masih dibawah batu bacan yang memiliki kekerasan 6-7 skala mohs.
Para penambang banyak menemukan batu ini ditebing-tebing yang memang sulit di jangkau. Oleh karena itu pada saat musim hujan harga batu fire opal semakin mahal karena terbatasnya stok di pasaran lantaran para pencari batu tidak memungkin untuk melakukan pencarian bahan opal dengan kondisi alam yang licin dan curam.
Ciri Khas Batu Fire Opal
Semua jenis batu akik memiliki ciri khas tersendiri sehingga bisa dibedakan dengan batu jenis lain, walaupun secara umum batu akik terlihat memiliki kesamaan corak, namun bagi mereka yang sudah paham tentang seluk beluk batu akik tentu akan bisa dengan mudah membedakan satu sama lain
Hal itu juga berlaku pada kjenis batu akik fire opal. Batu ini juga memiliki ciri khas tersendiri sekaligus menjadi keunikan yang selama ini telah menjadi daya tarik bagi para penggemar batu akik.
Keunikan dan ciri khas batu fire opal diantaranya kemampuannya memantulkan cahaya atau bias sinar dari dalam batu yang menyerupai nyala api sehingga batu ini juga dikenal dengan nama fire (api) atau barjad api yang saat ini cukup populer dikalangan pencinta batu permata. Batu ini juga memiliki beberapa varian warna antara lain warna kuning teh, putih, biru, hijau cincau, dan merah cerah atau warna paling mahal.
Khasiat Batu Barjad Api (Fire Opal)
Kebanyakan penggemar batu akik tidak mempercayai adanya khasiat dalam sebuah batu permata atau akik, namun sebagian yang lain, ada yang percaya bahwa batu akik atau batu kristal memiliki khasiat yang terjadi secara alami setelah sekian lama terproses membentuk kristal dalam perut bumi.
Hal itu, katanya berlaku untuk semua jenis batu akik termasuk batu fire opal. Menurut mereka yang percaya, bahwa batu barjad api dapat membawa ketenangan dan ketentraman bagi pemakainya. Ketenangan bisa mereka peroleh dari rasa percaya diri setelah mengenakan batu yang mereka suka atau bisa karena rasa puas yang dirasakannya setelah menikmati keindahan batu fire opal atau barjad api yang dimiliki.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger