Jumat, 17 April 2015

Cara Mengenali Kecubung Asli&Palsu

Batu kecubung merupakan salah satu batu permata yang di gemari para kolektor batu permata. Warna batu dengan dominasi warna ungu membuat batu kecubung terlihat sangat indah bila dijadikan sebagai perhiasan seperti cincin dan kalung.

Mengetahui Batu Kecubung Asli atau Palsu


Sebagai pembeli, tentu anda tidak ingin tertipu dengan membeli batu kecubung yang palsusehingga harus berhati-hati dalam membedakan batu kecubung yang asli atau atau kecubung palsu.

Cara sederhana untuk mengetahui Batu Kecubung Asli atau Palsu


Mengenal serat dan Inklusi Batu Kecubung

Cara mengetes batu mulia khususnya kecubung adalah dengan mengenali beragam bentuk serat atau inklusi yang terdapat pada batu kecubung. dengan mengenal serat dan inklusi tersebut maka anda bisa memastikan jika kecubung yang anda beli asli atau palsu

Berikut Gambar dan keterangan Serat dan Inklusinya

Serat Kecubung Negatif Crystal
Negatif Crystal

Serat Kecubung Crystal
Crystal

Serat Kecubung Tiger Stripe
Tiger Stripe

Serat Kecubung Finger Print
Finger Print

Anda harus benar benar mengenali bentuk serat dan inklusi seperti gambar di atas dikarenakan para penjual biasa memanipulasi bentuk serat dari batu kecubung palsu terlihat menjadi asli. Waspadalah.

Sifat kimia dan optik dari batu permata asli

Inklusi dari batu permata seratnya tidak semua terlihat jelas, sehingga ilmuwan atau gemologist dapat memastikan nama batu dengan sebuah alat untuk mengetahui sifat-sifat kimia maupun optic batu permata tersebut, ciri-cirinya mempunyai tingkat kekerasarn 7 dalam skala Mohs, berat jenisnya sekitar 2,64 – 2,66 sedangkan indeks biasnya 1,544 – 1,553.
  

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger