Rabu, 15 April 2015

Batu Mulia

10 Batu Cincin Termahal Di Dunia 

batu cincin akik mineral termahal header
Dalam artikel kali ini tidak dibahas batu akik dan permata mahal yang dikoleksi hanya oleh satu orang, juga tidak dibahas batu permata yang ada di mahkota dan tiara para raja, ratu dan aristokrat dunia. Namun ini adalah mengenai batu akik dan permata yang berupa batu untuk perhiasan atau cincin.
Memang dalam beberapa tahun terakhir ini, batu mulia telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Sejak ribuan tahun lalu hingga kini batu cincin permata masih di tempatkan sebagai benda berharga dan bernilai tinggi. Bahkan sebuah batu permata langka bisa mencapai jutaan dollar perkarat, terlebih untuk jenis batu cincin populer tentu memiliki banyak peminat.
Batu-Batu Cincin Termahal Di Dunia
Harga batu akik atau permata hingga saat ini memang belum ada patokan standar, namun semakin langka dan disukai pembeli dengan sendirinya harga akan semakin tinggi. Saat ini batu termahal dan paling populer masih ditempati berlian dan merupakan jenis batu mulia paling di incar banyak kolektor.
Baberapa harga batu akik atau permata paling mahal saat ini bisa dilihat dibawah ini:
1. Batu Berlian Hope (US$ 250 juta / karat)
berlian termahal
Berlian termasuk batu permata termahal di dunia. Batu permata ini banyak digunakan untuk perhiasan seperti kalung, liontin, cincin atau anting-anting. Selama ini jenis permata ini telah menjadi lambang kemewahan dan gaya hidup bagi kalangan hartawan.
Harga belian termahal saat ini adalah Berlian Hope dengan $250 juta/karat atau setara dengan Rp. 2.2 Trilliun.
Namun permata ini tidak hanya sekedar dijadikan perhiasan malainkan sebagai investasi, karena sebuah permata dengan jumlah terbatas harganya akan semakin mahal sedangkan peminatnya semakin banyak
Biaya untuk mendapatkan sebuah berlian berharga tinggi memang bukan hal mudah, mulai proses penambangan, pengolahan hingga proses pemotongan untuk membentuk sebuah berlian tentu sangat mahal, apalagi jika jenis berlian itu sangat langka.
2. Kalung Giok / Jadeite Necklace (US$ 27,4 juta)
1 kalung jadeSejak ribuan tahun sebelum masehi Batu Giok sudah dimanfaatkan sebagai perhiasan bernilai tinggi. Batu dengan warna khas hijau ini tidak hanya indah namun dipercaya sebagai simbol keberuntungan bagi pemiliknya.
Saat ini batu giok masih menjadi buruan banyak kolektor atau penghobi batu permata sehingga harganya menjadi sangat mahal dan langka.
Harga jkalung batu giok termahal ini tak dijual satuan, dan bernilai $27.440.000 dollar Amerika. Kalung yang terdiri dari 27 mata giok ini memang sangat indah dan menakjubkan.
3. Serendibite (US$ 2.5 juta / karat)
1 serendibiteSerendibite masuk kategori batuan langka di dunia sehingga harganya sangat mahal.
Sifat optik pada batu ini hijau kekuningan atau hijau kebiruan dan violet. Kekerasan 6.5-7 skala mohs.
Serendibite hanya ditemukan di dua tempat di dunia yaitu di Sri Lanka dan di Birma.
Karena masuk dalam kategori batu mulia, harga Serendibite mencapai $2.5 juta/karat
4. Blue Garnet (US $ 1.5 juta / karat)
1 Blue-GarnetGarnet masuk dalam kelompok mineral silikat dan sudah populer sejak ribuan tahun sebagai batu bernilai tinggi.
Jenis batu mulia ini memiliki banyak variasi warna seperti merah, hitam, pink, hijau, kuning, ungu, coklat, orange dan warna biru garnet (blue garnet) den memiliki harga termahal.
Jenis permata ini di temukan di beberapa negara seperti Amerika, Turki, sedang kualitas terbaik dari Madagaskar. Uniknya, warna batu permata ini bisa berubah warna. Harga batu ini bisa mencapai US$ 1.5 Juta dollar Amerika/karat.
1 painite5. Painite (US$ 60.000 / karat)
Batu mulia Painite termasuk batu mineral langka dan dapat ditemukan di Myanmar.
Painite termasuk dalam jenis meneral Borat(BO3) dan mengandung jejak Vanadium sehingga bisa berubah warna.
Pertama kali batu ini ditemukan seorang merolog inggris sekitar tahuan 1950-an.
6. Grandidierite
1 grandidieriteSebuah batu permata yang sangat indah tapi sangat langka, pertama kali batu ini ditemukan di pulau sebelah timur benua Afrika, yaitu pulau Madagaskar pada sekitar tahun 1902.
Penamaan batu mulia ini berkaitan dengan nama Alfred Grandidier (1836-1912) sebagai bentuk penghormatan.
Grandidier adalah seorang naturalis dan penjelajah asal Prancis yang mempelajari seputar sejarah alam di pulau Madagaskar pada waktu itu.
7. Musgravite (US$ 35.000 / karat)
1 MusgraviteBatu permata yang termasuk bernilai harga tinggi ini ditemukan pertama kali pada tahun 1967 disebuah pegunungan di benua Australia bagian Selatan. Batu ini memiliki tingkat kekerasan 8-8,5 pada skala Mohs.
Batu ini masuk dalam keluarga taaffeite, yaitu sebuah mineral yang ditemukan pertama kali oleh Richard Taaffe (1898-1967).
 Musgravite termasuk salah satu permata paling langka yang ada di atas bumi sehingga harganya sangat tinggi. Hingga pada tahun 2005 diperkirakan hanya ada 8 buah Musgravite diseluruh dunia.
8. Black Opal (US$ 2.355 / karat)
1 black 0pal kalimayaBatu opal banyak ditemukan di benua Australia dan merupakan negara penghasil opal terbesar di dunia.
Namun demikian jenis batu opal ini mulai banyak ditemukan dibeberapa negara lain di dunia, termasuk di Indonesia, yang lebih dikenal dengan sebutan batu Kalimaya.
Harga batu Opal termahal adalah jenis Black Opal (opal hitam) dan masuk kategori paling langka.
Selain itu, Black Opal warnanya indah dengan kerlap-kerlipnya oleh warna-warna lain jika sudah berusia tua, sehingga harga batu mulia ini mencapai ribuan dollar perkarat.
9. Jeremejevite (US$ 2.000 / karat)
1 JeremejeviteJeremejevite termasuk mineral langka dengan harga termahal.
Pertama kali batu mineral jenis ini ditemukan pada tahun 1883 di daerah pegunungan Siberia.
Kekerasan batu Jeremejevite berada di angka 7 pada skala mohs. Sedangkan harga batu cincin jenis ini adalah US$ 2.000 dollar Amerika per karat.
10. Red Beryl Emerald (US$ 10.000 / karat)
1 red-berylBeryl adalah mineral berilium, aluminium dan cyclosilicate. Batu ini memiliki variasi warna, hijau, biru, kuning, merah, dan putih.
Dari sekian banyak batu mulia Red Beryltermasuk dalam jenis paling langka sedunia.
Batu ini ditemukan pertama kali disebuah pegunungan Utah di Amerika pada tahun 1904 oleh seorang minerolog bernama Maynard Bixby sehingga batu ini juga dikenal dengan nama Batu Bixbite sebagai bentuk penghormatan terhadap penemunya.
Meskipun batu Red Beryl termasuk paling langka, namun jarang sekali orang mengenalnya dibandingkan jenis batu permata lain seperti berlian dan giok atau jenis permata lain berharga mahal, sehingga tidak banyak yang mengenakan batu ini sebagai perhiasan.
Itulah 10 batu cincin termahal di dunia untuk saat ini, dan sebagiannya termasuk jenis batuan mulia langka sehingga tidak mudah ditemukan di pasaran. Kalau pun ada, harganya pasti sangat mahal.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger