Jumat, 17 April 2015

Batu Ruby

Ciri-ciri Batu Permata Ruby Asli

Berikut ini adalah artikel tentang cara mengetahui batu permata ruby yang asli (Natural) yang saya ambil dari beberapa referensi yang menurut saya adalah paling akurat untuk mengetahui ciri-ciri batu permata ruby yang asli atau natural
 Ciri ciri batu ruby asli yang berada dipasaran dapat dibedakan berdasarkan berbagai hal seperti harga, bentuk fisik, warna, dan sebagainya. Batu permata yang harganya mahal tentu menjadi peluang bagi para penipu yang memanfaatkan hal ini untuk membuat imitasi dari batu berharga tersebut. Mengetahui hal tersebut pastinya anda pecinta batu ruby harus berhati hati dalam melakukan transaksi dan membeli batu yang asli.
 
Ciri Ciri Batu Ruby Asli Dari Fisiknya

Ruby merupakan salah satu batu mulia yang paling populer di Indonesia, kepopuleran ini membuat banyak orang berusaha membuat imitasinya. Berikut adalah ciri ciri batu ruby asli dari bentuk fisiknya dan tekstur batu tersebut.

Kekerasan

Batu ruby asli memiliki bentuk dan sangat keras, bahkan baja pun tidak dapat membuat gores batu permata ruby ini.

Komposisi Kimia

Rubi memiliki kekerasan 9,0 skala Mohs dalam skala kekerasan mineral karena mereka sebenarnya merupakan permata yang dibentuk dari korundum mineral. Korundum adalah bentuk kristal aluminium oksida, yang merupakan salah satu mineral yang paling tahan lama di bumi. Korundum juga memproduksi safir. Rumus kimia untuk ruby adalah Al2O3, gravitasi spesifik 3,9-4,1, dan indeks bias 1,76-1,77.

 
Ciri Ciri Fisik Batu Ruby

Salah satu cara mudah yang dilakukan banyak ilmuan dalam meneliti keaslian suatu ruby adalah serat yang terkandung dalam batu tersebut. Batu yang asli memiliki bentuk ketidaksempurnaan pada bentuknya, yang mana didalamnya terdapat serat yang membuat batu ini tidak terlalu jernih. Walaupun ruby yang natural banyak dijual di pasaran, namun saat ini telah ditemukan teknologi untuk menghilangkan serat yang membuat ruby tidak bening.

Warna Ruby

Warna Ruby umumnya adalah berwarna merah, namun ruby juga memiliki warna sekunder seperti oranye, ungu, violet dan merah muda. Bahkan di Indonesia sendiri batu ini dikenal dengan batu merah delima karena warna merah yang jadi khasnya.

 
Pantulan Sinar

Ciri ciri batu ruby asli juga dapat diamati dengan pantulan sinar cahaya yang melewatinya. Sinar yang dipantulkan terkadang dapat membentuk three-ray dan six-point star (berbentuk bintang) yang disebabkan oleh bentuk alami dari ruby yang memiliki serat serat didalamnya.
Ciri Ciri Batu Ruby Asli Yang Mudah

Ciri ciri batu ruby asli yang mudah dilihat oleh anda pecinta batu mulia agar tidak mudah tertipu antara lain adalah melihat tekstur batu tersebut. Selain itu dari sisi harga batu ini juga memiliki harga yang cukup tinggi bahkan lebih tinggi dari batu akik. Jika harga batu dijual miring sudah pasti batu tersebut adalah palsu dan hanya imitasi untuk mengeruk keuntungan. 

Itu tadi adalah artikel tentang ciri-ciri dari batu permata ruby asli. Banyak para pembeli di jagadpermata.com bertanya apakah produk batu permata kami asli atau sintetis??  
itu adalah pertanyaan yang wajar bagi para pembeli agar nantinya tidak kecewa saat menerima barang yang sudah dibeli disini. Untuk itu kami jagadpermata.com sebagai toko batu permata yang sudah hampir 5 tahun bergelut di bidang online jual beli batu permata ini berani menjamin bahwa semua produk kami adalah asli dan bukan sintetis, dan apabila batu yang anda beli disini adalah batu sintetis uang akan kami kembalikan 100% dengan syarat menunjukan sertifikat atau memo dari laboratorium yang sah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger